Bagian - Bagian Mesin Frais

Gambar Bagian - Bagian Mesin Frais
Sumber: www.google.com

Colomb :Bagian ini sebagai penyangga utama mesin yang terpasang tegak lurus pada base. Pada bagian dalam kolom terdapat motor serta mekanisme penggerak utama mesin. Pada bagian depan terdapat lintasan berbentuk  alur ekor burung yang berfungsi sebagai lintasan knee / sadel.
Over arm :Bagian ini merupakan kepala mesin pada mesin frais horizontal, memiliki lintasan berbentuk alur ekor burung  pada bagian yang menghadap ke bawah yang berfungsi sebagai lintasan dan dudukan  arbor support.
 Vertical head : Bagian ini merupakan kepala mesin pada mesin frais vertikal, berfungsi sebagai dudukan spindle mesin dan mekanisme penggeraknya
Arbor support :Bagian ini merupakan berfungsi untuk memasang arbor. Pada salah satu ujung terdapat  lintasan berbentuk alur ekor burung  yang dipasangkan pada alur pada over arm, dan pada ujung yang lain terdapat lobang sebagai dudukan bantalan untuk memasang arbor.
Spindle :Bagian ini merupakan dudukan dari arbor sekaligus menghubungkan  putaran yang dihasilkan oleh mekanisme penggerak yang ada didalam kolom ke arbor.
Table / Meja mesin :Bagian ini merupakan dudukan dari  peralatan pencekaman benda kerja. Meja mesin diletakkan diatas knee / sadel  sehingga dapat bergerak dalam arah vertikal dan melintang. Pada bagian bawah meja terdapat mekanisme ulir yang memungkinkan meja dapat digerakkan  dalam arah memanjang.
Table Handwheel / Eretan melintang : Untuk menggerakkan / menggeser rumah pahat secara melintang.
Crossfeed Handwheel / Eretan memanjang :Untuk menggerakkan / menggeser rumah pahat secara memajang.
Vertical Feedhandwheel / Eretan Vertikal :Untuk menggerakkan / menggeser rumah pahat secara vertikal.
Knee / sadel :Bagian ini  berfungsi sebagai dudukan dari meja mesin sekaligus sebagai  tempat dan dudukan dari berbagai mekanisme penggerak meja pada arah vertikal dan melintang.
Elevating screw :Bagian ini merupakan mekanisme penggerak sadel dalam arah vertikal. Bagian ini terdiri dari pasangan tabung dan poros berulir. Elevating screw digerakkan secara mekanis oleh  eretan vertikal. Untuk merubah arah poros horisantal pada vertical handwheel menjadi vertikal pada elevating screw digunakan pasangan roda  gigi payung
Base :Penyangga utama Mesin.
Bagian - Bagian Mesin Frais Bagian - Bagian Mesin Frais Reviewed by Unknown on Mei 17, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Blogroll

300x250