Macam - Macam Mesin Frais

1. Mesin Frais Horizontal

Gambar Mesin Frais Horizontal
Sumber: www.google.com

Mesin ini dibentuk sedemikian rupa sehingga meja kerja dapat digerakkan longitudinal maju mundur, secara manual maupun otomatis. Kedudukan sumbunya (spindel) kearah datar (horizontal).
Mesin frais horizontal, alasnya (base) dari besi tuang kelabu, yang mendukung seluruh komponen dan dibaut fondasi serta berfungsi untuk menampung cairan pendingin yang mengalir ke bawah, dimana di dalam kolom (coulumn) terdapat mesin pompa yang memompa cairan tersebut untuk kemudian disirkualsi lagi ke atas meja (table).
Gambar Alas Mesin Frasi
Sumber: www.google.com

Pada bagian kolom yang mendukung seluruh rangka terdapat kotak roda gigi kecepatan, motor dengan sabuk transmisi. Kolom ini adalah merupakan komponen utama mesin frais yang berbentuk box dimana lengan mesin (overarm) dan spindel tempat memasang poros arbor.

2. Mesin Frais Vertikal
Gambar Mesin Frais Vertical
Sumber: www.google.com

Sesuai dengan namanya, yang dimaksud vertical sebenarnya adalah poros spindelnya yang dikonstruksikan dalam posisi tegak. Semua bagian yang terdapat pada mesin frais tegak sama seperti pada mesin frais horizontal hanya saja posisi spindelnya tegak.
Gambar Proses Pengefraisan
Sumber: www.google.com

Kepala mesin yang tegak dapatdiputar kekiri atau ke kanan serta dapat digerakkan naik, sehingga mesin dapat digunakan untuk membuat benda kerja yang tidak dapat dilakukan dengan mesin frais datar. Mesin frais jenis sangat sesuai untuk membuat bentuk alur alur ekor burung (dovetail ), alur tanpa ujung (blind slot), alur T.

3. Mesin Frais Universal
Gambar Mesin Frais Universal
Sumber: www.google.com

Konstruksi mesin frais universal tidak berbeda dengan mesin frais datar, perbedaannya hanya terletak pada mejanya. Meja mesin dapat digeser (diputar) sehingga membentuk sudut (swivel), disamping dapat bergerak mendatar dan tegak. Oleh karena itu mesin frais universal sering digunakan untuk membuat benda kerja roda gigi spiral (heliks). Sumbu utama (spindel) gaungan bidang vertikal & horizontal.
Jadi frais universal adalah salah satu jenis mesin frais yang dapat digunakan pada posisi tegak (vertical) dan mendatar (horizontal) dan memilki meja yang dapat digeser/diputar pada kapasitas tertentu.

4. Mesin frais khusus
Dan tipe mesin frais lain yang banyak digunakan di industri berdasarkan fungsi penggunaannya, antara lain:
a.         Mesin frais copy (Copy milling machine)
b.         Mesin frais hobbing
c.         Mesin frais tusuk/stick
d.         Mesin frais gravier
e.         Mesin frais planer

f.          Mesin frais CNC
Macam - Macam Mesin Frais Macam - Macam Mesin Frais Reviewed by Unknown on Mei 17, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Blogroll

300x250